Laporan Akhir 3




1. Jurnal
[Kembali]
Gambar 1. (a) Jurnal Hasil Percobaan 3 bagian grafik sinyal 
(b) Jurnal Hasil Percobaan 3 bagian tabel

2. Alat dan Bahan [Kembali]
 1. Module D'Lorenzo
Gambar 2. Module D'Lorenzo

    2. Jumper
Gambar 3. Jumper
    3. Gerbang Logika
Gambar 4. Gerbang Logika

    4. Laptop dan Proteus

3. Rangkaian Simulasi [Kembali]

Gambar 5. Rangkaian Simulasi

4. Prinsip Kerja Rangkaian [Kembali]
    Pada percobaan pertama, sinyal input memiliki kondisi dengan pin A=0 dan pin B berperan sebagai pemicu (trigger). Saat nilai B diganti, terjadi perpindahan pada LED, namun hanya bersifat sesaat. Pada awalnya output Q stabil pada nilai 0, namun ketika B diganti, lampu LED menjadi menyala sesaat atau bernilai 1, sedangkan output Q' awalnya stabil pada nilai 1, tiba-tiba berpindah dari 1 ke 0 hanya dalam waktu yang singkat. Pada keadaan kedua, A berperan sebagai pemicu (trigger) dan B=1. Dalam kondisi ini, output Q awalnya bernilai 1, namun ketika dipicu oleh A, berpindah ke 0 hanya dalam waktu yang singkat, sedangkan output Q awalnya stabil pada nilai 0, namun ketika dipicu oleh A, berpindah ke 1 hanya dalam jeda waktu yang singkat.

5. Video Rangkaian [Kembali]


6. Analisa [Kembali]
    1. Bagaimana pengaruh perubahan nilai kapasitor dan resistor ? jelaskan beserta rumusnya?
        Jawab:
        Pada percobaan dan perhitungan yang dilakukan, terdapat beberapa perbedaan yang cukup signifikan antara waktu yang diamati secara langsung dan waktu yang dihitung. Perbedaan ini bisa disebabkan oleh kesalahan praktikan saat mengamati waktu (kesalahan pengukuran waktu), perbedaan dalam model yang digunakan, dan faktor lainnya. Berdasarkan data perhitungan, dapat disimpulkan bahwa jika nilai resistansi (R) dan kapasitansi (C) meningkat, maka waktu atau kestabilan juga meningkat dan beitu juga sebaliknya.

    2. Analisa dan bandingkan hasil jurnal yang di dapat di pratikum dengan hasil jurnal               perhitungan,contoh persentase errornya!
       Jawab:


7. Link Download [Kembali]
    Link HTML